Rabu, 30 Mei 2012

Kambing Terbang, Alamat Palsu dan Sakit Jiwa (1)



(Tanggapan untuk Katamsi Ginano)

Alkisah, di tengah padang rumput luas. Dua orang musafir berdebat tentang sebuah titik hitam yang tampak di kejauhan. Orang pertama menyatakan titik hitam itu seekor kambing. Orang kedua, yakin itu seekor burung. Perdebatan terjadi. Tak jua titik temu didapat, keduanya mufakat mendekati titik hitam itu.

Sambil menyusuri jalan, tak henti keduanya berdebat. Argumentasi, referensi, pengalaman dan acuan disandingkan. Sebelum tiba lebih dekat. Tiba-tiba titik hitam itu terbang melesat dari tempatnya, melayang ke angkasa. Keduanya berlari mengejar. Namun titik hitam itu melesat lebih jauh lagi.
"Apa saya bilang, burung kan!” kata orang kedua. “Burung  gimana? Itu pasti kambing!” orang pertama tak mau kalah. “Sudah jelas terbang. Mana ada kambing terbang?” timpal orang kedua. “Kambing!” orang pertama berkeras. “Pokoknya kambing! Meski terbang, pokoknya kambing! Sekali kambing tetap kambing!”

Kisah dunia sophis yang kemudian dituliskan Emha Ainun Nadjib dalam “Sayap-Sayap Kerbau”—kambing diganti kerbau, dalam “Kiai Bejo, Kiai Untung, Kiai Hoki” diterbitkan Kompas Media Nusantara, 2007 lalu. Memang penuh anekdot. 

sebagaimana Cak Nun, saya juga memanjatkan doa semoga difananya dunia ini, kita dijauhkan dari sang pengucap kambing. Apa sebab? Tak usah diuraikan. Teramat lucu, jika yang jelas saja sudah melesat terbang melayang ke angkasa, tapi masih dibilang kambing. Bagaimana jadinya jika yang dilihat itu seekor burung?

Doa itu memang belum sepenuhnya dikabulkan. Karena di Bolmong Raya ini, masih ada Katamsi Ginano, yang harus saya identikkan dengan si idiot pengucap kambing itu.

Pertama, masalah substansi. Dalam “Nyali Hemaprodit “Daong Lemong”—mudah-mudahan Radar Totabuan telah salah dalam editing, mungkin yang dimaksud Katamsi adalah hermaprodit. Katamsi menuliskan bahwa saya “tetap setia dengan kekacauan substansi. Sekadar mencakar-cakar ke segala arah.” Dilanjutkan “menghina-hina dan melecehkan” Katamsi—sebenar-benar pribadi. Bukankah itu se luar biasanya kebodohan? Keheranan tersendiri jika kebodohan dipertontonkan. Pun diterik hari. Siapa yang menghina habis-habisan? Siapa yang memamerkan sombong luar biasa? Ayolah Katamsi! Anda bisa menyemburkan ludah ke muka saya. Tapi rakyat banyak tak buta tuli untuk paham apa yang anda tuliskan. 

Pembaca budiman. Apa yang bisa diperoleh dari tulisan “Motif Culas dan Batas Api (1-3, RT, 22-24/5)?” Substansi apa? Nihil. Nol besar. Tak ada yang penting selain caci maki tendensius yang mengarah ke pribadi saya. Tambah diperjelas kesombongan luar biasa hebat penulisnya. Melebihi kuasa Tuhan. Sangat jelas yang dituliskan Katamsi; pukul sana, pukul sini. Tabrak sana, tubruk sini! Kalap kesasar tak tentu arah. 

Di hari pertama, setelah tulisan “Motif Culas dan Batas Api” dilansir harian ini. Lewat telepon saya bercakap dengan Katamsi. Dalam perbincangan Katamsi mengatakan bahwa dia telah mengumpulkan seluruh makian untuk saya dalam tulisan itu. Saya jawab “silahkan! Dengan catatan hanya ke saya. Tak perlu luber kemana-mana. Tak perlu libatkan orang lain.” Penuh elegan, Katamsi menjawab; “tentu, kita bukan anak kemarin yang nda tau membedakan.” 

Nyatanya! Orang-orang tentu bisa menangkap dengan jelas apa yang kemudian dituliskan Katamsi. Sekarang pembaca. Siapa substansi kacau? Siapa yang mencakar-cakar ke segala arah?

Itu pula yang saya tuliskan dalam “Terantuk Bongkahan Congkak (RT, 28/5).” Saya sekadar ikut ritmenya Katamsi. Meski dalam pembelajaran dan pemahaman bagi publik, ini jelas keliru dan diluar konteks peran media sesungguhnya.  Dalam tulisan itu, saya pikir caci maki Katamsi telah saya jawab. Sembari mempertegas hinaan yang dialamatkan. Bahwa saya bukan siapa-siapa. Anggap saja saya sekadar mengikuti Nietzsche.  Saya akan bicara pada “kesombongan” idiot ini.

Kedua, tentang penulis. Sebagaimana simpulan yang bersemayam di batok kepala Katamsi yang luber oleh congkak luar biasa. “kita bukang penulis kasianggg!” harus berapa kali saya mempertegas bahwa saya bukan penulis. Anda sendiri yang menyimpulkan saya bukan siapa-siapa. Hanya belut yang sirik pada naga. Meski untuk apa saya sirik ke anda. Bahkan 15-20 tahun kedepan tak pernah pantas disandingkan dengan anda. Dan saya memang tak ingin disandingkan dengan Katamsi. Terutama urusan caci maki. Lucu jika kemudian, anda memaksa saya untuk “membuka mulut sedikit saja dan menuliskan dua tiga patah kata di media.” Di akhir  tulisan itu pun saya telah menuliskan. Yang menanggapi saya yang bukan siapa-siapa ini—apalagi seorang penulis,  adalah idiot pandir bin congkak. Sang pemilik mutlak surga kebenaran.  Katamsi telah menyempurnakan dirinya sebagai idiot itu.

Ketiga, permasalahan CPNS, relokasi pasar dan HUT Kota Kotamobagu ke-5. Semakin jelas siapa yang mencakar-cakar tak tentu arah. Hingga membawa-bawa Djelantik Mokodompit, Tatong Bara dan Yasti Mokoagow. Sekali lagi. Ayolah Katamsi! Saya akan kembali ke simpulan anda. Bagaimana saya yang bukan siapa-siapa ini mencampuri permasalahan  itu.  Biarkan saja permasalahan CPNS dan relokasi pasar terselesaikan dalam ranah hukum, seperti yang berlangsung saat ini. Hormati saja proses itu, sebagaimana Djelantik Mokodompit, Tatong Bara dan Yasti Mokoagow menghormati anda dan keluarga. Sedang untuk HUT Kota Kotamobagu, silahkan menafsirkan dalam kaca mata anda. Itu hak anda. Tidak ada yang melarang atau membatasi. Apalagi saya!

Namun, sebelum mulut bual anda memamah kesombongan luar biasa perih yang dibanggakan. Sejenak, renungkan diri anda. Jangan buruk rupa, cermin dibelah. Saya tak minta anda seperti Narcissus dalam pengantarnya Paulo Coelho “Sang Alkemis.” Yang setiap hari duduk di tepian danau, mengagumi keindahan dirinya. Hingga tak sadar, tercebur dan mati tenggelam. Berkacalah secara utuh. Bukan terpesona mengagumi diri. Tapi mengetuk pintu hati untuk sadar diri. Pun memperdalam ilmu ”menghargai orang lain.” Karena sumpah serapah orang banyak akan mengunyah tiap lekuk tubuh. Puisi “Penerimaan” Chairil Anwar, pun menegaskan kesadaran itu.  Jangan pernah menunggu hingga “cermin pun enggan berbagi!”

Sedang penjepit rambut, tas tangan kecil dan sepatu high heels, itu lebih pantas anda kenakan. Warna merah muda akan sedikit menutupi wajah jelek anda. Setelah itu silahkan ngacir ke Taman Lawang. Di sana tempat anda yang paling amat pantas. Karena yang paling “daong lemong” itu jelas anda.
Untuk bedak dan lipstick yang cocok bagi saya. Silahkan saja kirimkan. Karena dengan senang hati, saya akan mengantarkan itu ke rumah sebelah. Masih di Jalan Amal.  Minta kejelasan ke siapa sebenarnya kiriman ini ditujukan. Amat pasti alamat saya dituju palsu! Kiriman itu lebih cocok berada di rumah itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar